Pilih Mana: Sony Xperia J atau Nokia Lumia 520 ?

Lagi memikirkan mana smartphone mana ayang akan dipilih antara sony xperia j atau nokia lumia 520?  Kami bantu loe mengambil keputusan ya…

Sony Xperia J vs Nokia Lumia 520

Sony Xperia J vs Nokia Lumia 520

1. Desain

Sony xperia j lebih tinggi 4 milimeter, tapi lumia 520 lebih lebar 3 mm dan lebih tebal 0,5 mm.  Perbedaannya tidak begitu signifikan di atas kertas, tapi realnya xperia j akan tampak lebih ramping bak foto model dibanding lumia 520.  Secara pribadi kami lebih menyukai tampilan xperia j.  Dari segi berat kedua smartphone ini sama persis dengan 127 gram.

Dari pilihan warna Lumia 520 ada empat pilihan warna: Black, Yellow, Red, White.  Sementara Sony Xperia J juga ada 4 pilihan warna Black, Pink, Yellow, White.  Tinggal sesuaikan selera, warna merah unik di lumia 520, sementara warna pink unik di xperia j, sayangnya warna pink bukan warna unisex (cocok dipakai pria/wanita) seperti warna merah.

Desainnya mungkin masalah selera saja, tapi satu perbedaan signifikan di desain adalah adanya tombol kamera di lumia 520, tombol ini sangat bermanfaat untuk mengatasi foto blur.  Tombol kamera pada layar membuat kita harus menunggu sampai smartphone fokus baru menjepret (sehingga kemungkinan tangan kita tidak steady maki besar), sementara tombol mekanik membuat kita bisa menjepret kapan kita mau setelah objek fokus (setengah mencet utk fokus, pencet penuh utk jepret saat tangan kita steady).

2. Layar

Dari segi ukuran kedua smartphone ini sama-sama menggunakan layar berukuran 4 inci, tapi dengan resolusi berbeda. Xperia J beresolusi  480 x 854 pixels, sementara Lumia 520 resolusinya 480 x 800 pixels. Diatas kertas Xperia J lebih baik, tapi menurut kami perbedaannya tidak signifikan.  Yang jadi perbedaan signifikan pada layarnya adalah tipe layar yang dipakai, xperia j hanya pakai layar TFT, sementara Lumia 520 sudah memakai tipe IPS.  Jelas tampilan layar-nya akan tampak lebih baik di layar IPS, apalagi TFT terkenal akan mulai buram jika dilihat dari kemiringan 30 derajat.

View Angle layar TFT dan IPS

View Angle layar TFT dan IPS

Kedua layar hape sama-sama sudah anti gores, tapi lumia 520 unggul dengan adanya sensor cahaya (light sensor), sehingga layarnya bisa menyesuaikan kecerahan dengan lingkungan (menghemat batre), sementara xperia j harus manual.

3. Batre

Xperia J memiliki kapasitas batre 22% lebih besar (1750 mAh) dari lumia 520 yang hanya 1430 mAh.  Tapi kemampuan batrenya ternyata tidak seragam di tiap kondisi.  Untuk nelpon Lumia 520 mampu bertahan sejauh 14,8 jam non stop, sementara xperia j hanya 37% dari lumia 520 (5,6 jam).  Tapi untuk menonton video, xperia j mampu bertahan 8,5 jam, sementara lumia 520 hanya kuat memutar video 56% dari kekuatan xperia j (4,8 jam).  Untuk memutar musik lumia unggul dengan 61 jam (xperia 39 jam), untuk standby (3G), xperia unggul dengan 25,8 hari (lumia 15 hari).  Nah tinggal disesuaikan dengan fitur apa yang sering kamu lakukan.

4. Hardware

Processor keduanya sama-sama Qualcomm Snapdragon, hanya lumia sudah tipe S4 Dual Core 1 Ghz, sementara xperia j masih S1 Single Core 1 Ghz (lebih jauh: link).  GPU di lumia 520 jelas lebih baik dengan 305, sementara di xperia hanya 200. Sementara RAM keduanya sama-sama pakai ram sebesar 512 Mb.  Untuk internal memory lumia lebih baik dengan ketersediaan 8 gb, sementara xperia j hanya setengannya (4gb).  Tapi keduanya sudah mendukung microSD, lumia 520 mampu menampung tambahan hingga 64 gb, sementara xperia j hanya sebatas 32 Gb.

Snapdragon S4 dan Snapdragon S1

Snapdragon S4 dan Snapdragon S1

Skor Antutu Xperia J juga hanya 3000-an, sementara lumia 520 tembus 7000-an.  Sehingga untuk pengoperasian smartphone sehari-hari xperia j akan terlihat nge-lag.

5. Kamera

Untuk urusan kamera, kedaunya sama-sama sudah 5 megapixel, tapi berdasarkan penilaian GSMArena, hasil foto Lumia 520 dikatakan “GREAT for 5 megapixel“, sementara xperia j dikatakan “Decend but a little bit letdown“.  Artinya urusan foto lumia 520 diatas rata-rata (baca: Smartshot di lumia 520), sementara xperia j sedikit mengecewakan.

Tapi xperia j ada kamera depan dan tambahan lampu flash yang tidak ada di lumia 520, jika kamu butuh video calling tentu xperia j lebih pantas dipilih.   Sayangnya untuk urusan rekam video lagi-lagi lumia 520 unggul dengan rekam video HD 720p, xperia j harus puas dengan rekam video VGA.

6. Multimedia

Urusan multimedia keduanya kurang lebih sama, lumia 520 unggul di kemampuannya memutar video berformat wmv (tapi di android kamu bs download yang gratisan koq, asal ga keberatan dg iklannya), tapi lumia 520 ga ada radio FM seperti di Xperia J (katanya bakal muncul di windows phone 8.1).

7. Internet Browsing

Untuk urusan internet, lumia unggul dengan lebih banyak tipe website, lebih cepat loadingnya dan tidak nge-lag seperti di xperia j.  Ini bisa dilihat dari skor HTML5 test-nya, windows phone 8 mendapat skor 320+6, semntara android 4.0 mendapat 297+3.  Tapi enaknya di android loe bisa donlot aplikasi browser lainnya seperti Google Chrome, Opera Mini yang tidak ada di Lumia (operamini di lumia bisa dipakai Nokia Xpress btw)

Perbandingan Browser: windows Phone 8 vs Android ICS vs Nokia Xpress

Perbandingan Browser: windows Phone 8 vs Android ICS vs Nokia Xpress

8. Teknologi

Secara teori Lumia 520 mendukung kecepatan internet hingga 21 Mbits/s (HSDPA+), sementara xperia j hanya 7,2 Mbit/s (HSDPA).  Tapi di indonesia pada kenyataannya, ga mungkin lah dapat secepat itu, kelebihan teknologi lumia 520 mubazir disini.

Tapi untuk urusan navigasi, lumia 520 ada turn-by-turn navigasinya, dimana bisa dioperasikan dengan mendonlot peta (sehingga map ga perlu akses internet), lumia 520 juga ada fitur A-GPS, S-GPS, Glonass, Cell ID dan Wi-Fi positioning.  Dimana Xperia J hanya mendukung A-GPS.

9. Konektifitas

Urusan konektifitas, kedua smartphone setara, dari bluetooth, microUSB dll.  Bedanya di tipe bluetooth Lumia 520 yang sudah versi 3, sementara xperia j masih versi 2.1

10. Fitur Lain

Keduanya didukung fitur kompas, ringtone mp3 dan lainnya dengan sangat lengkap.  Tapi lumia 520 punya kelebihan dibanding xperia j, yakni 520 mendukung Noise cancellation pada microfonenya, sehingga untuk nelpon-nelponnya lebih jernih di daerah bising.

Noise Cancellation untuk telpon lebih jernih

Noise Cancellation untuk telpon lebih jernih

11. Harga

Pada saat tulisan ini dibuat, di tabloid pulsa (edisi 263) harga Sony Xperia J tercatat 2,4jt dan Nokia Lumia 520 diharga 1,8jt.

KESIMPULAN

Secara umum Nokia Lumia 520 unggul hampir di tiap aspek, ditambah harganya yang signifikan lebih murah.  Tapi kelebihan android yang banyak menyediakan katalog game masih belum bisa ditandingi windows phone, hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan serius.  Untuk urusan aplikasi tidak jauh beda, tapi urusan aplikasi soc-media macam whatsapp, kakao talk, line, we chat, instagram (di lumia juga ada versi unofficialnya), twitter, facebook penulis jamin ada semua aplikasinya di kedua smartphone.

Nah kamu lebih tertarik yang mana setelah membaca tulisan ini? Tulis di kolom komentar dibawah ya (Dana 2,4jt,  penulis  cenderung membeli lumia 520 + android mito a300 yang udah Dual Core+512Mb ram yang harga-nya 600rb-an)

Baca Juga Ya:

28 thoughts on “Pilih Mana: Sony Xperia J atau Nokia Lumia 520 ?

  1. lumia 520 lebih mumpuni cmn kalah di kamera depan ga ada sama flash untuk primary kamerajuga ga ada jadi ga bisa foto kl gelap, kl soal flash aku rasa sama aja hasil foto aku coba pake kamera xperia j kurang, cmn kl soal kamera dpn yg butuh videocall jelas bakalan milih xperia j, so…overall aku lebih milih lumia 520 walaupun blm pernah nyoba langsung br nyoba xperia j yg sering lag…

  2. Aku suka produk produk dari nokia karena kualitasnya dan pengoprasian ponselnya mudah di pahami adik saya atau orang tua saya kedepanya aku tetep pilih nokia .

    • Jangan Sok Tau , Nokia Tuh Di Akusisi Bukan Bangkrut , Bocah Aja Belagu ? Jangan Main Menilai Sesuatu Sebelum Mencoba ” Dasar Bocah Kencing “

  3. kebetulan saya baru aja beli Nokia lumia 520, karna udah bosan pakai android selama 3 tahun hehe, yang ingin saya tanyakan kenapa ya untuk browsing pake Internet Explore, Uc Browser, Bing (contoh buka Fb, Detikcom, Buka Blog dll) sering gagal, kalaupun bisa cuma separo halaman aja yg kebuka..padahal sebelumnya pake android dan hp2 java aja bisa browsing dgn lancar…
    Mungkin disini ada user Lumia atau ahli teknologi..hehe, mohon pencerahannya…
    sblnya makasih..

  4. lumia memang unggul tp gak ada radio dan gak bisa vidio call…ya jd bingung…tp hidup itu sebuah pilihan……scr umum infonya sangat membantu dan mencerahkan…trims….

  5. layarnya bagus… tapi nokia 520 saya banyak masalah. tempat tinggal saya masih edge.ketika saya ke kantor y sudah 3g, hp saya masih edge…malu tuh sama samsung punya teman.. yang paling parah browsernya internet explorer yang berat dan lamban di edge.. android punya teman saya di edge pake opera mini lumayan cepat.. nah lumia ga ngasih pake opera mini atau yang lain… ie itu selalu rutin loading ulang halaman internet y udah kebuka..jadi lama nungguinnya.. kalau back slalu loading ulang lagi, boroskan..! lumia kalau ngecas otomatis hp hidup, ga ngerusak baterai?

  6. kayaknya mau nyobain nokia lumia. soalnya baru 6 bulan pemakaian sony j banyak permasalahannya. sering ngelag, kartu sd gak terdetec,kamera kadang gak terdetec juga, walkmannya kadang mati sendiri -_- .
    thx atas specs nokia lumianya^^

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s